0
Loading...
Home  ›  Gempa  ›  Gempa Pacitan  ›  Jatim  ›  Jawa Timur  ›  Pacitan

Gempa Guncang Pacitan

"Gempa bumi dengan magnitudo 5.1 mengguncang Pacitan, Jawa Timur pada tanggal 22 April 2024 pukul 18:10:47 WIB. "


AMANAH INDONESIA --Gempa bumi dengan magnitudo 5.1 mengguncang Pacitan, Jawa Timur pada tanggal 22 April 2024 pukul 18:10:47 WIB. 

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), episenter gempa terletak pada koordinat 9.11 lintang selatan dan 111.31 bujur timur, sekitar 105 kilometer dari arah Tenggara Pacitan, Jawa Timur.

 Gempa ini terjadi pada kedalaman 10 kilometer dan tidak berpotensi  tsunami. Meskipun gempa ini tergolong dalam magnitudo yang sedang, tetapi dapat dirasakan oleh sebagian masyarakat di wilayah sekitarnya. 

Beberapa warga dilaporkan merasakan getaran yang cukup kuat, namun belum ada laporan tentang kerusakan atau korban jiwa akibat gempa ini. 

 BMKG mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan waspada mengingat potensi terjadinya gempa susulan. Selain itu, masyarakat diminta untuk mematuhi petunjuk-petunjuk keselamatan yang diberikan oleh pihak berwenang, seperti menjauhi bangunan yang tidak aman dan menghindari berada di dekat tebing atau lereng yang rawan longsor.

 Masyarakat dihimbau untuk tetap mengikuti perkembangan informasi dari sumber resmi seperti BMKG atau pemerintah setempat demi keselamatan bersama. Gempa bumi merupakan fenomena alam yang tidak dapat diprediksi secara pasti, oleh karena itu, kewaspadaan dan kesiapan masyarakat dalam menghadapi gempa menjadi hal yang sangat penting guna mengurangi risiko dan dampak yang ditimbulkan. (*)

Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS