0
Loading...
Home  ›  Airlangga Hartarto  ›  Sosok

Airlangga Hartarto, Figur Cemerlang di Panggung Politik dan Ekonomi Indonesia

"AMANAH INDONESIA --Airlangga Hartarto, sosok dan tokoh politik dan ekonomi Indonesia. Lahir pada1 Oktober 1962. "

Airlangga Hartarto
Airlangga Hartarto
AMANAH INDONESIA --Dr. (H.C.) Ir. H. Airlangga Hartarto, MBA., MMT., sosok dan tokoh politik dan ekonomi Indonesia. Ia lahir pada tanggal 1 Oktober 1962. Kiprahnya yang cemerlang telah menempatkannya sebagai salah satu politisi terkemuka di tanah air.
Airlangga kini menjabat sebagai Ketua Umum DPP Partai Golkar. Tak hanya itu, ia juga memegang posisi strategis sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian dalam Kabinet Indonesia Maju yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin, periode 2019-2024. 

Perjalanan politiknya yang gemilang terungkap dari peran sebelumnya sebagai Menteri Perindustrian dalam Kabinet Kerja era Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Tak hanya sebatas politik, namun Airlangga juga dikenal sebagai figur penting dalam dunia ekonomi. Pengalaman gemilangnya sebagai Ketua Asosiasi Emiten Indonesia periode 2011-2014, serta perannya sebagai Ketua Komisi VII DPR RI (2006-2009), menunjukkan kedalaman pengetahuannya dalam mengelola ranah ekonomi dan keuangan.

Tercatat pula, Airlangga Hartarto pernah menjabat sebagai Wakil Bendahara DPP Partai Golkar periode 2004-2009, serta memegang tampuk kepemimpinan sebagai Ketua DPP Partai Golkar dalam rentang waktu 2009-2015. 

Dalam panggung politik, namanya gemilang sebagai anggota DPR periode 2009-2014 untuk Daerah Pemilihan Jawa Barat V, yang turut mengemban tugas sebagai Ketua Komisi VI yang mengurusi perindustrian, perdagangan, UKM, Investasi, dan BUMN.

Tak hanya berfokus pada dunia politik dan ekonomi, Airlangga juga merintis jejaknya dalam dunia keinsinyuran. Sebagai Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII) periode 2006-2009, serta peran pentingnya sebagai Ketua Dewan Insinyur PII pada periode 2009-2012, menunjukkan keterlibatannya yang mendalam dalam mengembangkan bidang keinsinyuran di Indonesia.

Tidak terhenti di situ, Airlangga juga turut berkontribusi dalam dunia pendidikan dan teknologi. Sebagai anggota Majelis Wali Amanah Universitas Gadjah Mada Yogyakarta hingga tahun 2012, serta sebagai pemrakarsa Herman Johannes Award, sebuah penghargaan bagi inovasi teknologi, menjadikannya sosok yang memberikan dampak positif dalam memajukan dunia pendidikan dan teknologi di tanah air.

Di samping semua perannya dalam ranah politik, ekonomi, dan keinsinyuran, Airlangga juga dikenal sebagai seorang pengusaha yang sukses. Sejumlah perusahaan telah menjadi saksi bisnisnya yang berjaya, di mana ia saat ini menjabat sebagai Presiden Komisaris dari PT. Fajar Surya Wisesa, Tbk.

Airlangga Hartarto, seorang tokoh yang mengilhami, tak hanya melalui karier politiknya yang cemerlang, tetapi juga melalui dedikasinya dalam pengembangan ekonomi, keinsinyuran, serta kontribusinya dalam dunia pendidikan dan teknologi. (*)
Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS