0
Loading...
Home  ›  ASN  ›  Nasional  ›  Pemilu 2024

Pemilu 2024, KASN Terima 489 Laporan Pelanggaran AS

"Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara, Agus Pramusinto, merinci, selama Pemilu 2024, KASN menerima 489 laporan pelanggaran ASN. "

ASN
ASN


AMANAH INDONESIA - Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), Agus Pramusinto,Kamis, (25/4//2024), merinci, selama Pemilu 2024, KASN menerima 489 laporan pelanggaran ASN, di mana 378 di antaranya terbukti melanggar dan dikenai sanksi, sedangkan 94 ASN sudah dijatuhi sanksi. 

KASN berharap bahwa pelanggaran netralitas ASN tidak akan terjadi lagi selama Pilkada mendatang.


Dia mengingatkan para Aparatur Sipil Negara (ASN) agar tidak terlibat dalam politik praktis selama pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. 


Potensi pelanggaran netralitas ASN masih bisa terjadi pada Pilkada serentak yang akan digelar di 514 kabupaten/kota dan 38 provinsi.


Agus menegaskan bahwa ASN harus memahami posisinya sebagai pegawai pemerintah yang tidak boleh terlibat dalam politik praktis. 


Dia menyampaikan bahwa potensi ASN terlibat dalam politik praktis tetap ada, dan kegiatan pencegahan dilakukan untuk mengingatkan ASN agar tidak melanggar aturan.


Agus juga mencatat bahwa lima ASN melanggar netralitas di wilayah tertentu, tanpa merinci asal ASN tersebut. Mereka tersebar di 17 kabupaten/kota. Pelanggaran netralitas ASN termasuk dalam berbagai bentuk, seperti ikut dalam mobilisasi, memberikan dukungan melalui komentar, dukungan terang-terangan di media sosial, dan lainnya.


Beberapa ASN yang terbukti melanggar akan diberi peringatan, sementara beberapa lainnya bahkan mungkin akan diberhentikan tidak dengan hormat. Namun, di Provinsi Sumatera Selatan tidak ada ASN yang diberhentikan tidak dengan hormat. (*)


Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS